Info Iklan

Biar Semua Orang Tau !!



Ngomongin dunia fotografi emank gak ada habis-habisnya.. itu yang bikin gue jadi stuck mau nulis apa di blog gue ke depannya.. karna hal-hal baru udah ada di web or blog-blog ok di luar sana..
Nah, kebetulan lagi bengong-bengong sambil pesbukan.. tiba2 terbesit sebuah ide yang lumayan buat di tulis di blog.. setidaknya memberikan sebuah informasi yang layak dan bermakna pastinya. Gak tau dehh ini ide udah ada di web or blog di luar sana apa gak.. yang penting gue berkarya atas hasil pengalaman gue sendiri yang sedikit pait..


Gak jauh-jauh dari fotografi.. Jeprat-jepret gak bisa sembarangan ternyata, saudaraku... Dimana-mana semua sama. Hmm.. jadi ceritanya begini.. saya mengikuti lomba foto yang diadain oleh sebuah instansi besar di Negara kita ini, Indonesia. Sesuai persyaratan lomba, saya pengen banget ngambil gambar yang berbau sosial dan human interest, banyak kan tuhh di jalanan khususnya jalanan Jakarta yang amit-amit padatnya. Nahh.. ternyata... moto itu punya etika.. namanya etiket memoto. Mentang-mentang lo seorang fotografer yang prof sekalipun.. tapi lo harus punya tuh yang namanya manner dan attitude yang bagus. Lo semua tau kan etika sama etiket apa ?? Kalo tau, gak perlu gw kasih tau yaa.. puaaanjaaaang penjelasannya..

Balik ke cerita gue, waktu gw mau moto orang di sebuah jembatan, tiba-tiba gue di lempar batu terus disamperin.. Doi marah-marah sambil ngeluarin kata-kata kojis (kotor najis) gak jelas. Sumpah gue panik ples super-duper takut. Doi bilang "ngapain lo? lo mau manfaatin gue?". Beuuuuhhh... gue cuma bisa B3 (bengong-bego-blo'on). Reflek.. gw jelasin langsung n nanya dooonkkk.. Ehh.. Doi abis ngoceh-ngoceh kaya orang kesurupan gitu malah curLong (curhat colong-colong) uwakakakakakakkk :D
Jadi begini.. ehemm.. Doi emank 'sebut saja pengemis jalanan'  pernah di foto-foto oleh seorang yang ngakunya fotografer. Teruss.. besokannya tuh foto katanya disalah gunakan.. yang dijadiin cover flyer dan semacemnya buat acara charity. Doi jelas marah.. gw juga marah kalo jadi dia. Karna gak ijin masalahnya.. *jadi akrab doi ma gue*
Jangan di contoh nih fotografer macemnya kaya gini.. gak bertanggung jawab.. semau jidad-nya aja motret.. termasuk gw siihh pada awalnya.. ahaaa :D tapi akirnya gue minta maaf.. trus clear dehh masalahnya.


Kalo mau dibilang fotografer beneran.. harus baca tips standart kayak yang di bawah ini:
-  Jika ikut sebuah perlombaan foto, minta tuh surat ijin resmi ples tanda tangan panitia n cap stample Organisasinya.. kalo perlu ada materai *lebay banget* hee..
- Punya niat baik sebelum mengerjakan sesuatu.. kalo niat lo jelek.. ntar tuh camera lo gue sumpahin ilang.. *loh?* haaa.. gak deng.. jika lo menanamkan hal yang baik, pasti lo bakal dapat hasil yang baik juga *itu amanah nyokap gue yang paling dasyat*. Dan jangan lupa tuh ucapkan 'BISMILLAH' bagi yg muslim.
- Bikin konsep yang bagus dan punya tujuan yang positif.
- Ijin dulu sama si objek; ajak ngobrol dulu, ngopi-ngopi kalo perlu, ajak bercanda. PDKT dulu laahh.. jangan asal jepret yaa !!
- Liat-liat objeknya juga, itu objek beres apa gak (kalo objeknya makhluk hidup loh..) jangan asal di ajak ngobrol.. ntar mentang-mentang sok PDKT, itu orang ternyata preman or buas lagi.
- Setelah foto, ajak si objek poto-poto bareng, biar doi seneng gitu.. haa :D
 - Yang paling penting, lo siapin ID lo yang lengkap di dompet !! Karna sewaktu-waktu, petugas dan segala macemnya di luar sana pasti nagih.. karena mereka biasanya takut sama orang yang bawa-bawa kamera gede, disangka jurnalis media kita.. haa :D kayak contohnya anggota-anggota instansi BESAR itu.. hee :p mereka takut sekali sepertinya.. *ups*


Itulah tips dari gue yang sok tau ini.. mudah-mudahan di pake sama kalian semua.. atau malah ada yang ingin menambahkan ?? Silahkan, gue tampung ko !!
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

4 Response to "Biar Semua Orang Tau !!"

  1. dilla says:
    9 Desember 2009 pukul 00.28

    aku mau kok jadi obyeknya kamu sob,
    yg penting ditraktir makan sampe kenyang he he he...

  2. Donny Irianto Anggriawan says:
    9 Desember 2009 pukul 13.08

    hee,,
    klo boleh ci pasang wajah serem juga.,
    biar penjaganya juga makin ketir2,,
    langsung di kasi jalan dah kita..
    ^_^
    nice post..

  3. Ayaa Trimaryanti says:
    9 Desember 2009 pukul 13.36

    Dear Dilla: uwahahahahaaa :D boleh2.. kebetulan gue lagi pengen bgt foto model nihh..

    Dear Bluebz: hmm.. sayangnya muka gue gak bisa serem.. gimana donk ?? tapi tambahan tips nya ok juga nih buat para fotografer cowo.. makasi yaa sob..

  4. Anonim Says:
    14 Juli 2010 pukul 10.29

    salam kenal aj...gw beginner tp pgn bgt bisa moto yg bgus, kyknya perlu belajar k lo deh...ngugaonoirt@gmail.com

Posting Komentar

Info Iklan



Adsense Indonesia