Info Iklan

Sedikit Tips


Saya pengen sedikit bercerita mengenai pengalaman saya. Cerita tentang sepupu saya yang sangat tertarik pada dunia fotografi sejak SMA, dan sekarang Ia sudah duduk di bangku perkuliahan di universitas ternama di Jakarta Barat. Ia ingin sekali memiliki camera DSLR seperti layaknya fotografer muda nan handal dan berbakat. Suatu hari, pada malam hari lebih tepatnya, tiba-tiba Ia datang ke rumah menanyakan (istilah gaulnya curhat) tentang camera DSLR. Tanpa basa-basi-busuk ini anak langsung nanya, ”sebaiknya gw beli camera apa ya ya’? bingung nihh mau beli merk apa? Menurut lo?”, hhmm... *jeggeeeeerrrr.... pasang muka blo’on* ..awalnya sedikit bingung sihh mau jawab apa, karena setiap orang pasti punya pandangan yang beda, termasuk saya pastinya. Laluu.. Saya reflek menjawab dengan jawaban yang sangat idealis, saya bilang, ”karna gw agamanya adalah merk berinisial C, jadi menurut gw yaa.. camera yang keren itu yaa camera berinisial C itu..”, makin bingung lah spupu saya.Tapi jawaban itu bakalan beda jika sepupu saya bertanya kepada pengguna camera merk lain seperti merk yang berinisial N dan S. Kalo kita ngomongin soal merk, mungkin nihh.. gak nyelesain masalah kebingungan yang lagi di alamin sepupu saya itu, karena merk di luar sana buaaaanyak, kita bisa pusing mau milih yang mana. Nah, sebaiknya milih apa donk ?? huff.. Setelah browsing di dunia maya.. akirnya saya menemukan jalan keluar yang lumayan membantu kesulitan sepupu saya…

Ada sedikit tips dari bapak-bapak fotografer di luar sana yang memberi masukan, kaya yang di bawah ini :

Kamera Digital mempunyai jenis yang bermacam-macam dan fitur yang terkadang membuat kita bingung untuk memilih sesuai dengan kebutuhan kita.Memilih kamera sebenarnya gampang-gampang susah terutama bagi pengguna yang masuk kategori pemula atau amatir. Oleh karena itu, tips ini sangat berguna bagi calon pengguna kamera sebelum memilih kamera digital yang diinginkan. Berikut beberapa tips sebelum berburu kamera digital.

Resolusi
Gambar digital dibuat oleh titik-titik yang disebut piksel. Resolusi adalah banyaknya piksel yang bekerja sama membuat suatu foto. Semakin besar resolusi akan memproduksi foto yang juga lebih baik. 




Pastikan fitur pendukung lainnya
Sebelum membeli, pastikan kamera digital pilihan kamu memilih beberapa fitur pendukung seperti kemampuan memori tambahan. Ini untuk memperbesar gudang penyimpanan foto kamu.. 


Lampu kilat (flash)
Rata-rata produk kamera digital dilengkapi dengan lampu kilat yang terintegrasi.
Ada yang otomatis atau perlu menekan tombol on untuk menjalankannya. Flash berguna sebagai pendukung cahaya. Gambar yang diambil dalam kondisi agak gelap dapat tetap tampil maksimal dengan bantuan lampu menyilaukan. Jangan lupa tanyakan, apakah pada camera yang ada pilih ada pilihan untuk red-eye ??



Layar LCD
Layar LCD di bagian belakang kamera digital memudahkan Anda melihat obyek. Di sini Anda juga bisa melihat dan menghapus gambar yang tidak diinginkan. Pilih layar LCD dengan kandungan resolusi yang cukup besar sehingga warna yang tampil lebih natural. Ukuran layar juga berbeda-beda. Pastikan layar tidak terlalu kecil, sehingga gambar bisa tampil maksimal. 




Self-timer
Self timer biasanya bisa mencapai 10 detik. Selain memudahkan memotret gambar, fitur ini juga berguna untuk mengambil gambar dalam keadaan cahaya yang kurang karena bisa mengurangi guncangan akibat tekanan pada tombol pengambilan gambar. 




Daya tahan baterai
Kalau tak ingin kesenangan terputus gara-gara baterai loyo, kamu perlu memperhatikan berapa lama sumber listrik ini bisa bertahan. Memilih baterai yang bisa diisi ulang (rechargeable) adalah tindakan bijaksana dan lebih hemat. 





Koneksi
Perhatikan apakah kamera digital kamu bisa berhubungan dengan perangkat digital lainnya seperti televisi, printer, PC atau Mac. Kamu akan tertolong dengan adanya USB kabel. Kamu juga bisa mencetak gambar dengan bantuan kabel USB. Beberapa kamera digital sudah mendukung PictBridge yang membuat kamu leluasa mencetak gambar langsung dari kamera digital meski mereknya berbeda. 



Kalkulasi harga
Jangan lupa untuk mengkalkulasi harga perangkat pendukung lainnya seperti baterai isi ulang dan adapter AC.


Bandingkan harga dan garansi
Jangan hanya terpikat pada satu toko saja. Kalau ada waktu luang tidak ada salahnya kamu melakukan riset kecil-kecilan sebelum membeli. Margin keuntungan yang berbeda menjadi sumber mengapa harga yang kamu temui di toko yang satu tidak sama dengan yang lain. Perhatikan juga garansi.


Jadiiii.... Jangan hanya terpikat pada bentuk tubuh yang menggoda tapi perhatikan isi atau fitur yang ada di dalam suatu produk. Nah, tips di atas udah melengkapi jawaban untuk semua yang ingin membeli camera DSLR. Jangan termakan iklan yang berlebihan, survey dengan perlahan tapi pasti, heehee... Buat temen-temen yang punya masalah yang sama kaya sepupu saya, atau punya masukan buat sepupu saya, silahkan loh kasih komennya..
^^
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

4 Response to "Sedikit Tips"

  1. Bisnis n Hobby says:
    8 November 2009 pukul 12.31

    info bermanfaat ttg perkakas fotografi. trims. ditunggu koment baliknya ok friend. keep blogging

  2. Ayaa Trimaryanti says:
    8 November 2009 pukul 15.47

    okay..
    tapi terimakasih yaa sebelumnya... hee ^^

  3. rezka Says:
    15 November 2009 pukul 16.26

    iyaa bener..masalah merk sehh menurut saya itu relatif..saya udah pake kamera dslr dari berbagai merk dan type mereka memang memiliki kelebihan dan kekurangan masing2..jadi ya tinggal ikutin hati aja..hehheheheh

    tapi saya tak punya kamera DSLR..kadang pake kamera hp..tapi masih bisa berkarya kok ..jangan patah arang pokoknya dimana ada kemauan pasti ada jalann..lets start now..

  4. Ayaa Trimaryanti says:
    16 November 2009 pukul 01.47

    good comment boy.. thx so much for ur attention..
    keep working..^^

    for all..
    my full regards !!

Posting Komentar

Info Iklan



Adsense Indonesia