Info Iklan

Editan ?? Butuh Gak sih ??

Tampilan sebuah foto pasti gak lekang dari yang namanya keindahan.
Kalau tema dan konsep nya 'dapet', pasti foto itu gak jauh dari pujian..
Asal foto itu menarik dan punya nilai plus (dalam hal ini konsep dan pesannya bagus), foto dijamin bisa 'make money'.. Gak percaya ?? Coba aja !!


Nah.. terkadang.. foto bisa punya nilai plus menggunakan sentuhan 'editan' agar foto yang dihasilkan lebih terlihat dramatis dan hidup..
Kalau ditanya, "butuh gak sih foto itu di edit ??" ...
Jawabannya pasti pro dan kontra, tergantung kita bertanya ke siapa, ya gak ??
Jika bertanya kepada para ahli foto jurnal, jelas jawaban mereka pasti kontra. Karena menurut jurnalis (wartawan media cetak kususnya), foto yang bagus adalah foto yang natural, tanpa ada sentuhan editan. Mereka menganggap foto merupakan sebuah karya yang menunjukkan realitas. Jika foto di edit, foto akan terlihat tidak nyata dan cenderung dilebih-lebihkan..
Pernah saya lihat di sebuah blog seseorang di luar sana, saking antinya, Ia menyerukan "STOP PS" *ngerti kan maksudnya PS* Waduuuu.. segitunya yaa ?? ck,ck,ck *sambil geleng2*
Tapiiiii... kalau kita bertanya pada para ahli foto mode, pre-wedding or wedding party.. jelas jawabannya PASTI pro. Iyalah.. karena foto yang mereka ambil HARUS mengunakan sentuhan yang namanya 'editan' itu tadi.. Karena mereka ingin nunjukin keindahan dari sebuah foto dengan memainkan warna dan sebagainya agar foto terlihat sempurna dan nyata. Perbedaan nyata disini adalah, jika seorang jurnalis memandang 'nyata' itu adalah peristiwa atau kejadian yang ada disekililing kita yang terjadi sesuai dengan fakta sebenarnya, tetapi kalau pandangan seorang fotografer mode, 'nyata' menurut mereka adalah keindahan visualisasi yang ada pada sebuah objek. Mereka biasanya menggunakan objek yang di setting sesuai dengan konsep, dan mereka lebih menggunakan alat-alat pendamping camera, seperti lighting, reflektor, dsb.

Dari pernyataan di atas, bisa saya simpulkan bahwaaaa... kalau foto butuh atau tidak di edit, jawabannya adalah tergantung kebutuhannya. Tapi menurut kalian yang membaca.. bagusan mana ?? foto yang mengandung sentuhan editan atau foto yang apa adanya ??
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

8 Response to "Editan ?? Butuh Gak sih ??"

  1. Rattlenetwork says:
    31 Oktober 2009 23.37

    Wah kalo gk butuh edit, para ahli foto dan tempat cuci cetak bisa gk laku tuh,,,,

  2. Ayaa Trimaryanti says:
    1 November 2009 00.04

    woaaa.. bener juga tuh..
    makasi ya komennya..

  3. yessi ervina says:
    1 November 2009 00.18

    menurut saya tergantung kebutuhan.dua-duanya bagus juga.ada saatnya buat diedit.ada saat buat natural

  4. Ayaa Trimaryanti says:
    1 November 2009 00.24

    tapi kamu lebih prefer mana ?? foto yg keren ntu yg editan apa yg natural ??

  5. secangkir teh dan sekerat roti says:
    1 November 2009 09.12

    saya suka editan, misalnya memperbaiki level, ato sedikit menajamkan foto, crop juga suka...
    ya yang gak merubah banget itu gambar asli potonya.,...

  6. Ayaa Trimaryanti says:
    8 November 2009 02.31

    woaaa... makasi ya komennya..

  7. rezka Says:
    15 November 2009 16.12

    kalo menurut saya pribadi seh..foto yang bagus itu memang foto yang tanpa editan karna akan mencerminkan foto itu sendiri "biarkan foto yang berbicara"..

    tapi disisi laen saya juga seorang photoshoper ,dimana setiap poto perlu disentuh dengan sentuhan PS..dimana disaat kami (dlight photography)melakukan take foto terkadang terhambat oleh cuaca yang tidak mendukung, maka diperlukan lah sentuhan PS itu sendiri, dan kami sendiri adalah pemula jadi mau tidak mau perlu menggunakan PS..dan intinya saya setuju bila menggunakan PS..mengenai "biarkan foto yang berbicara" jatuh pada subyektifitas penikmat visual itu sendiri..

    posting yang sangat bagus..n_n

  8. Ayaa Trimaryanti says:
    16 November 2009 01.34

    buat abang rezka.. makasi komennya..

Posting Komentar

Info Iklan



Adsense Indonesia